Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Tempat Wisata Instagramable di Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur yang berlokasi di kawasan pesisir tenggara. Lokasinya yang berbatasan dengan Selat Makassar membuat Balikpapan memiliki sejumlah objek wisata pantai dan wisata alam lainnya.

Di antara tempat wisata yang ada di Balikpapan, beberapa di antaranya memiliki pemandangan cantik yang cocok untuk lokasi berfoto. Berikut ini deretan objek wisata Instagramable di Balikpapan yang bisa kamu eksplorasi.

1. Pantai Kemala

Pantai Kemala (sumber : google.com/maps)

Pantai Kemala merupakan salah satu pantai di Balikpapan dengan panorama alam yang indah. Area bibir pantainya dipenuhi hamparan pasir putih yang lembut. Sementara di sepanjang garis pantai, deretan pohon kelapa yang melambai-lambai karena embusan angin membuat pemandangan sekitar tampak menyejukkan.

Menariknya, di lokasi ini kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam secara leluasa. Inilah salah satu momen sempurna untuk berburu hasil foto yang instagramable. Kamu bisa mengambil foto siluet atau memakai teknik low speed untuk mendapatkan jepretan pantai yang lebih dramatis.

2. Kampung Pinisi Klandasan.

Belakangan ide membuat kampung warna-warni kian menjamur di beberapa kota di Indonesia, tak terkecuali Balikpapan. Buat para pemburu spot foto instagramable, kamu bisa datang ke Kampung Pinisi Klandasan.

Dulu, kampung ini dikenal sebagai kawasan kumuh. Sekarang, sejumlah rumah, dinding, dan jalanan di Kampung Pinisi tampil molek dengan hiasan warna-warni bertema biota bawah laut.

Mural ikan dan laut pun menjadi hiasan yang bakal sering kamu temukan di sini. Sedikit berbeda dengan tema yang ada, di satu area terdapat mural sayap raksasa yang bisa membuatmu tampak seperti karakter malaikat di dunia dongeng. Tinggal siapkan pose andalan agar hasil jepretannya tampil paripurna.

3. Danau Cermin Lamaru

Nama Danau Labuan Cermin mungkin tidak asing, bagaimana dengan Danau Cermin Lamaru? Bila berkunjung ke Balikpapan, kamu bisa berburu spot instagramable di sekitar Danau Cermin Lamaru. Meski tempat ini tidak menyediakan fasilitas wisata selayaknya, namun pemandangan yang ditawarkan Danau Cermin Lamaru tak jauh berbeda dengan Danau Labuan Cermin.

Danau Cermin Lamaru memiliki air yang begitu jernih. Bak cermin yang mampu memantulkan bayangan, air danau di sini juga mampu memantulkan setiap objek yang berada di sekitarnya. Saat terkena sinar matahari, air Danau Cermin Lamaru akan terlihat berkelap-kelip. Bila bisa mengambil sudut gambar yang pas, kamu akan mendapatkan hasil foto yang artistik.

4. Kampung Warna-Warni Teluk Seribu

Kampung Warna-Warni Teluk Seribu (sumber : google.com/maps)
Satu lagi kampung warna-warni di Balikpapan yang menarik perhatian wisatawan, yaitu Kampung Warna-Warni Teluk Seribu. Sebagian besar mural yang ada di lokasi ini merupakan lukisan 3 dimensi seperti kepala burung yang menyembul dari tembok, terowongan suram menuju laut, dan mural buaya yang seolah siap menerkam mangsanya.

Selain menikmati keindahan mural-mural yang ada di lokasi, di Kampung Warna-Warni Teluk Seribu kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling kampung yang sejatinya berada di dekat hulu Sungai Manggar.

Demikian deretan tempat Instagramable di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi. Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan kamera dan pose terbaikmu, ya! Buat wisatawan yang ingin bepergian setelah wabah Corona sudah hilang, kamu bisa mencari hotel di Balikpapan lewat Airy dan nikmati sejumlah promo hotel yang tersedia.

Alasan mengapa perlu pesan hotel lewat Airy karena aplikasi ini cocok buat kamu yang akan liburan dengan bujet terbatas. Meski harga kamar yang ditawarkan cukup terjangkau, Airy selalu membekali kamarnya dengan 7 fasilitas sekaligus.

Tersedia air minum gratis, shower air hangat, bebas akses wifi, sampai perlengkapan mandi pun tersedia. Di sisi lain, Airy juga menjamin bahwa transaksi yang dilakukan para pelanggannya bebas dari penipuan.