Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Konsultan Hukum untuk Perusahaan

Konsultan hukum sebagai pihak yang menyediakan jasanya untuk membantu kebutuhan perusahaan secara hukum, memang diperlukan. Apalagi menyangkut hal-hal yang urgensi terkait kebutuhan perusahaan yang langsung berhubungan dengan divisi hukum perusahaan. Sangat penting untuk memilih Best Law Firm In Indonesia yang mampu mengakomodir kebutuhan perusahaan.

Memilih Konsultan Hukum untuk Perusahaan

Divisi yang terkait dalam perusahaan memiliki kepentingannya masing-masing. Contohnya perusahaan yang bergerak di bidang IT, pastinya membutuhkan konsultan hukum IT dalam membantu memeriksa legalitas perusahaan tersebut apakah sudah sesuai dengan aturan-aturan menyangkut IT di Indonesia. Namun dalam hal perusahaan memilih konsultan hukum, ada beberapa hal yang menjadi dasar bagi perusahaan untuk pilihannya. Berikut ini adalah tips-tips untuk perusahaan untuk memilih konsultan hukum.

Keahlian

Keahlian adalah indikator pertama yang menentukan Best Law Firm In Indonesia. Perusahaan yang memiliki kebutuhan dalam aspek hukum akan menyesuaikan dengan keahlian konsultan hukum. Tidak semua konsultan hukum mahir dalam semua bidang bisnis, tetapi dapat dipastikan ada konsultan hukum yang menjadikan satu bidang sebagai keahliannya, misalnya bidang pasar modal, bidang IT, bidang pelayaran dan lain-lain.

Pengalaman

Yang membuat perbedaan mendasar mengenai kemampuan dari konsultan hukum menjadi Best Law Firm in Indonesia adalah pengalaman. Keahlian-keahlian konsultan hukum yang berpengalaman disesuaikan dengan keperluan perusahaan. Jika ada konsultan hukum yang keahliannya menjadi bahan bincangan banyak pihak dalam artian mendapatkan kepuasan atas jasa konsultan hukum, maka tidak diragukan lagi konsultan tersebut akan sangat membantu untuk kepentingan perusahaan.

Kualitas

Kualitas adalah salah satu faktor bagi perusahaan untuk memilih konsultan hukum. Terlebih lagi kualitasnya sudah menjadi informasi tersebar bagi setiap perusahaan yang telah menggunakan jasa konsultan hukum tersebut. Kepuasan klien juga merupakan salah satu faktor penentu kualitas seorang konsultan hukum.

Ada baiknya bagi perusahaan yang ingin menggunakan jasa konsultan hukum, di-research terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana kasus-kasus atau permasalahan hukum sudah pernah ditangani oleh konsultan hukum tersebut. Selain itu, perusahaan dapat bertanya kepada perusahaan rekanannya atau rekan bisnisnya yang pernah menggunakan jasa konsultan hukum.

Harga

Setelah perusahaan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka dari situ perusahaan dapat berangkat memilih harga yang sesuai dengan anggaran perusahaan. Biasanya konsultan hukum akan memberikan proposal penawaran jasa hukum kepada masing-masing perusahaan dengan harga yang bervarian. Harga-harga yang ditentukan oleh konsultan hukum ini berdasarkan scope pekerjaan yang akan dibebankan kepada konsultan hukum.

Selain itu agar menemukan harga yang kompetitif dengan kualitas yang baik, melakukan research untuk memilah harga-harga dari tiap konsultan hukum. Jangan sampai salah memilih harga karena harga tinggi belum tentu kualitasnya tinggi, namun harga rendah belum tentu kualitasnya rendah. Pada umumnya dalam penentuan harga untuk jasa konsultan hukum, perusahaan dengan konsultan hukum dapat melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga yang tepat.

Kesimpulan

Beberapa hal di atas bisa menjadi acuan kamu sebagai orang yang bekerja di perusahaan atau pun bagian hukum perusahaan yang memerlukan jasa hukum dari pihak ketiga dari konsultan hukum. Kamu juga bisa memilih konsultan hukum dikategorikan sebagai Best Law Firm In Indonesia agar semakin yakin bahwa konsultan hukum yang kamu gunakan adalah yang ahli dalam bidangnya.